Minggu, 12 Agustus 2012

Perbedaan antara ISO9001: 2000 dan ISO9001: 2008

Saya telah membahas topik ini sebelumnya, tapi begitu banyak orang terus bertanya tentang perbedaan dalam standar revisi yang saya merasa terdorong untuk menulis lagi.
Karena kebanyakan membaca ini mungkin tahu, mutu ISO9001 standar sistem direvisi secara berkala. Ada versi tahun 1994, lain di 2000, dan revisi terbaru datang terlambat pada tahun 2008. Oleh karena itu standar diperbarui sekarang disebut ISO9001: 2008.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang revisi terbaru.
Tidak ada persyaratan baru untuk 2008. Yay! Kabar buruknya adalah ..... baik, tidak ada berita buruk! Revisi 2008 termasuk teks tambahan untuk menjelaskan beberapa bagian dari standar.
Perubahan terhadap standar kualitas meliputi:
Klausul 0.2 - Pendekatan Proses: Teks ditambahkan untuk menekankan pentingnya proses yang mampu mencapai output yang diinginkan.
Klausul 1.1 - Lingkup: Klarifikasi bahwa "produk" juga termasuk produk setengah jadi. Penjelasan tentang hukum, persyaratan peraturan dan hukum.
Klausul 4.1 Persyaratan Umum: penjelasan tambahan tentang outsourcing. Jenis kontrol yang dapat diterapkan untuk proses oursourced. Hubungan dengan klausul 7,4 - Pembelian. Klarifikasi bahwa proses outsourcing adalah tanggung jawab organisasi dan harus disertakan dalam sistem manajemen mutu.
Klausul 4.2.1 - Dokumentasi: Klarifikasi pada catatan yang diperlukan. Penjelasan tentang menggabungkan dokumen yang diperlukan. Penjelasan tentang persyaratan ISO9001 ditutupi oleh lebih dari satu prosedur.
Klausul 4.2.3 - Pengendalian Dokumen: Klarifikasi tentang dokumen eksternal pengendali.
Klausul 4.2.4 - Kaset Control: Editorial perubahan saja.
Klausul 5.5.2 - Manajemen Perwakilan: Klarifikasi tentang Pengelolaan Perwakilan menjadi anggota manajemen organisasi sendiri.
Klausul 6.2.1 - Sumber Daya Manusia: Klarifikasi mengenai persyaratan kompetensi bagi personil yang terlibat dalam sistem manajemen mutu.
Klausul 6.4 - Lingkungan: Klarifikasi mengenai kondisi kerja.
Klausul 7.2.1-Pelanggan Terkait Proses: Kejelasan pasca pengiriman kegiatan, ketentuan garansi, kewajiban kontrak, layanan tambahan.
Klausul 7.3.1-Desain dan Pengembangan: Klarifikasi mengenai tujuan desain dan pengembangan, verifikasi dan validasi. Tinjauan, verifikasi dan validasi dapat dilakukan dan dicatat secara terpisah atau dalam kombinasi yang sesuai bagi organisasi.
Klausul 7.3.3 - Desain dan Pengembangan Hasil: Kejelasan informasi yang dibutuhkan untuk produksi dan penyediaan jasa mencakup pelestarian produk.
Klausul 7.5.3-Pelanggan Properti: Penjelasan tentang kekayaan intelektual dan data pribadi.
Klausul 7.6-sekarang diberi judul Pengendalian Pemantauan dan Pengukuran Peralatan: Penjelasan mengenai penggunaan perangkat lunak komputer.
Klausul 8.2.1 - Kepuasan Pelanggan: Catatan ditambahkan untuk menjelaskan pemantauan persepsi pelanggan.
Klausul 8.2.3 - Pemantauan dan Pengukuran Proses: Catatan ditambahkan untuk menjelaskan metode yang tepat, dan bahwa organisasi harus mempertimbangkan dampak terhadap kesesuaian dengan persyaratan produk dan efektivitas sistem manajemen mutu.
Satu tahun setelah publikasi ISO9001: 2008 semua sertifikasi terakreditasi dikeluarkan, baik itu sertifikasi baru atau sertifikasi ulang, akan ke standar 2008.
ISO9001 Anda: 2000 sertifikasi akan berlaku selama 24 bulan setelah publikasi dari ISO9001: 2008 standar. Setelah itu, tidak akan berlaku.
Jika Anda sudah memiliki sertifikasi ISO9001: 2000, Anda seharusnya tidak memiliki masalah mendapatkan disertifikasi ulang dengan standar baru 2008, karena ada secara efektif tidak ada perbedaan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda