Sabtu, 11 Agustus 2012

ISO9001-2008: Tidak harus rumit

Baru saja saya mengunjungi seorang klien baru yang sebelumnya konsultan telah meninggalkan mereka. Dia hanya naik dan menghilang, gagal untuk menjawab telepon atau email. Mungkin dia meninggal, siapa tahu. Pokoknya, Perusahaan H, dengan 15 orang di perusahaan, ditinggalkan dengan satu set tebal dokumen kertas yang memiliki sedikit hubungan dengan operasi sebenarnya. Ya, itu hanya di atas kertas. Saya berpikir sendiri, tahun berapa itu? 1970? Mengapa ada orang yang memiliki dokumen mereka hanya di atas kertas, tanpa sebuah versi elektronik, di hari ini dan usia, mengejutkan saya.

Tapi apa yang tertulis pada kertas yang benar-benar mengerikan. Manual dan dokumen adalah sekitar 3 kali lebih lama dari itu perlu. Ini berisi bahasa berbunga-bunga seperti itu, saya harus bertanya-tanya apa maksud dari penulis? Ada formulir untuk tinjauan manajemen yang 7 halaman. Seperti formulir tidak diperlukan oleh ISO9001: 2008, apalagi bentuk 7 halaman.
Konsultan (mungkin mati) juga dibebani perusahaan ini sedikit miskin dengan satu set deskripsi pekerjaan, masing-masing minimal 5 halaman. Ayo, benar-benar? Apakah seorang pekerja produksi benar-benar membutuhkan kompetensi didokumentasikan seperti "layanan pelanggan", "kemampuan interpersonal", "manajemen perubahan", "delegasi", dalam sebuah deskripsi pekerjaan 5 halaman? Saya rasa tidak.
Itu membuat saya gila ketika saya melihat keberadaan konsultan telah mengambil keuntungan dari kurangnya pemilik perusahaan pengetahuan ISO9001: 2008. Aku hanya tidak bisa percaya bahwa konsultan dengan kualitas pekerjaan masih bisa menemukan bisnis.
Orang, tidak harus yang rumit. Sebagai contoh, ISO9001: 2008 hanya membutuhkan 6 prosedur. Dan dalam hal ini, Anda dapat menggabungkan beberapa dari mereka ke dalam satu dokumen. Saya sering menggabungkan tindakan perbaikan dan tindakan pencegahan menjadi satu dokumen, itu hanya lebih masuk akal.
Jika Anda berpikir tentang mendapatkan ISO9001-2008 untuk bisnis Anda, dan Anda sedang berbicara dengan seorang konsultan, minta dia tentang pandangan mereka pada menjaga sederhana. Anda tidak perlu bahasa berbunga-bunga tidak ada yang akan membaca. Anda tidak perlu banyak bentuk, Anda mungkin tidak perlu satu! Anda tidak perlu banyak definisi pada awal setiap dokumen. Anda tidak perlu untuk menjelaskan setiap proses, setiap pekerjaan, setiap prosedur, dalam mendetail seperti itu. Ingat kiss: Keep It Simple, (menyisipkan kata menghina Anda mulai dengan S di sini).

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda